Masalah Tidur

Tanggal  1 Januari 2010, jalan Kiaracondong masih sepi sisa pesta tahun baru malam tadi. Sepi..mungkin karena orang-orang kebanyakan masih tertidur mengganti kurang tidur tadi malam.

Walaupun ini sama sekali tidak cocok dengan adat Islam tapi baiklah saya Cuma mau perhatikan masalah tidurnya saja.

kurang tidur

Para ahli kesehatan sepakat bahwa cukup tidur merupakan syarat terpeliharanya kesehatan. Berapa lamakah orang seharusnya tidur dan kapan waktu yang tepat untuk tidur. Orang perlu tidur karena badan kita harus istirahat, mesin aja harus ganti oli, turun mesin dan service, apalagi badan kita yang terdiri dari darah dan daging.

Saya punya buku berjudul “Power Sleep” , belum selesai dibaca tapi kurang lebih isinya tentang betapa pentingnya tidur dan bagaimana menjadikan tidur sebagai sumber kekuatan.

Waktu yang cukup untuk tidur

Berapa lamakah waktu yang dianggap cukup? Kebanyakan akan bilang 8 jam, padahal kalau kita liat tujuannya tidur adalah bentuk istirahat bagi badan agar badan mengalami refresh menghadapi tahap selanjutnya, tidur adalah sejenis kematian sementara untuk men stand by kan tubuh dari aktivitas (dan tentu saja dari dosa). Maka lamanya tidur adalah sejangkau waktu yang cukup untuk badan kembali pulih sperti makan sebanyak yang dibutuhkan untuk menegakkan kembali punggung. Tidur yang berkualitas (tanpa mimpi) maka 4 jam saja sudah mencukupi. Maka Tidurlah ketika anda benar-benar telah ngantuk.

Apa akibat kurang tidur?

Apa akibat pola tidur yang salah? Kerugian apa yang disebabkan orang yang tidur melulu? seperti obat, dia akan bermanfaat pada takaran tertentu, tidak berlebih atau tidak kekurangan. Kekurangan tidur akan melemahkan badan, tidak memberi regenerasi sel yang cukup dan memperpendek masa hidup. Sebaliknya orang yang kelebihan tidur maka dia telah membunuh kehidupan itu sendiri.

“Tampilan fisik tak pernah dapat mewakili keluasan pikiran dan kedalaman hati”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s