“NU harus bentuk pengurus di Masjid”

Jum’at, 19 Feb 2010

Harian Republika hari ini menurunkan tulisan tentang usul Mashdar F. Mash’udi (kandidat Ketua PBNU) bahwa “kalau membangun NU menjadi kuat, NU harus membangun kepengurusan , tidak hanya di wilayah dan cabang, tapi juga di masjid.” Pikiran ini sampai disini memang biasa-biasa saja, tetapi kelanjutannya dia mengatakan,”Jadi nanti ada masjid NU, masjid Muhamadiyah dan masjid Persis, umat Islam satu itu hanya fatamorgana….”

Alih-alih menyerukan agar terjadi persatuan umat dengan menghilangkan masjid label, mashdar malah mengusulkan labelisasi masjid menjadi lebih rigid. Ini merupakan pemikiran yang menghawatirkan dari ulama-ulama kita. Mereka tidak berusaha menjadi pengayom seluruh umat tetapi malah menjadi pengobar primordialisme. Pemikiran ini mungkin diawali oleh kekhawatiran semakin menyusutnya aktivis NU di masjid-masjid, anak-anak muda NU lebih suka nangkring di lembaga-lembaga pemikiran bebas dan kampus yang dianggap tidak mengkerangkeng pemikiran bahkan cenderung membebaskan dari kurungan akhlak dan etika. Sebagai tipikal NU mereka membatasi umat dengan pagar-pagar ASWAJA. Seakan orang-orang yang berbeda maka mereka adalah umat diluar pagar.

NU

NU

Harapan agar umat ini menjadi ummatan waahidah nampaknya akan jauh panggang dari api, kecuali apabila kekuatan-kekuatan bijak di tubuh NU akan lebih mengemuka. Agenda NU ke depan bukanlah membuat barrier-barrier agar umat terbebas dari pengaruh luar, tetapi agenda utamanya adalah bagaimana cara supaya umat NU menjadi semakin tercerahkan sehingga akan membawa dampak pada peningkatan kesejahteraan karena ilmu dan pendidikannya yang se3makin meningkat. Allohu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s