Daily Archives: February 24, 2010

Waduk Darma

waduk darma kuningan

waduk darma kuningan

Saya termasuk terlambat mengetahui bagaimana view laut, kalo ga salah waktu kelas 3 SMP pertama kali liat laut, laut Karang Bolong dan Pantai Carita. Tapi sudah sejak kecil saya mengenal view mirip laut, yaa Waduk Darma. Tidak seperti situ di daerah kabupaten Bandung yang berwarna hijau, Waduk Darma nampak biru seperti laut. Tempat yang sungguh indah untuk dijadikan tempat berlibur. Keluarga dari ayahku, kakek dan kakek buyutku tinggal Desa Jagara (mungkin karena namanya mirip dengan Sagara) desa yang langsung bertemu dengan bibir Waduk. Di masa kecil saya sering diajak kakek (saya memanggilnya Abah) mancing atau mencari hurang.

Waduk ini menempati area yang sangat luas, mengairi area persawahan yang sangat luas, bahkan sebagian airnya dikirim ke Cirebon untuk mengairi perkebunan tebu disana. Waktu usia 15 tahunan, suka naik rakit (ga izin dulu tentunya, karena kalo izin ga akan dikasih hehe) kami naik rakit dengan kayuh pake tangan ke Nusa Sireum, sebuah pulau kecil di waduk darma. Wah..pengalaman yang menyenangkan ketika nyampe ke nusa sireum. Juga mampir ke karamba-karamba yang memelihara ikan mas. Kalau kita mancing disini, ikan-ikan akan nyangkut dengan cepat, pengalaman mancing yang mengasyikkan kayaknya kalo ada modal saya bisa masuk mancing Mania wkwkwkw.

Akan sangat menyenangkan berlibur ke tempat ini, apalagi kalo kita juga berkunjung ke Darmaloka tidak jauh dari Waduk Darma.

kolam tempat kancra dewa

darmaloka-kolam tempat ikan kancra dewa

Di Darmaloka, kesejukan langsung menembus kulit dengan pohon-pohon besar tempat mata air bermula, mengairi daerah desa saya, Kertawirama.

kancra dewa

kancra dewa

Advertisements

Curug Bangkong

Salah satu kekayaan penting desa Kertawirama adalah Curug Bangkong. Daerah yang potensial untuk dijadikan tempat wisata. memang ada resiko negatif ketika suatu objek dijadikan tempat wisata, ada efek-efek ekonomi (yang cendrung menipu)..pedagang di daerah tempat wisata biasanya menjual dengan harga yang di mark up, selain infiltrasi budaya luar.

Adakah cara lain memnfaatkan potensi alam ini? ada..yakni memanfaatkan dalam sebuah model wisata kampung, memperkenalkan kearifan lokal kepada penduduk kota atau wisatawan.

ilustrasi yg mirip curug bangkong

ilustrasi yang mirip curug bangkong

masuk ke daerah curug ini cukup mudah..kalo anda sudah berwisata ke Waduk Darma, ke arah Cirebon kurang lebih 1 km maka kita akan menemukan gapura Desa Kertawirama. Disana ada papan penunjuk jalan ke arah Curug.

Dulu, ketika saya mengunjungi tempat ini..tempatnya masih berada diantara kebun-kebun masyarakat. Cukup sepi…dan belum ada pengaman yang memadai, karena disarankan tidak berenang di bawah air terjunnya..ada cerukan yang dalam, kabarnya beberapa orang sempat tenggelam disini, kita dapat bermain-main di sungainya, selain dangkal juga banyak batuan, sehingga cukup aman kalau mau bermain air.

Sangat menyenangkan jika kita jalan-jalan bersama keluarga dan makan timbel disana di atas tikar..wuih nikmat sangaaaat.