Financial Revolution

Financial Revolution: kiat mencapai kekayaan yang sesungguhnya

Tung Desem Waringin, Gramedia Pustaka Utama,2005,ISBN: 979-22-1612-XX, 169 hlm

fin rev

bukunya

Bagaimana mencapai kekayaan yang sesungguhnya? Mengapa banyak orang yang gagal memperoleh kekayaan sementara yang lainnya berhasil meraihkan dengan cukup mudah? Apa yang harus disiapkan?

Meninggalkan kepiluan dan hidup dalam mimpi…karena kebanyakan orang yang belum berhasil dia belum dapat keluar dari lingkaran kepiluan hidupnya, masih mengkhayal-khayal untuk mencapai apa yang diinginkannya TANPA MENGAMBIL TINDAKAN. Untuk mendapatkan manfaat buku ini anda harus melakukan SQ3R (survey,question,read,remind,read again). Carilah guru yang tepat yang akan mengantarkan anda pada tujuan-tujuan anda sesungguhnya lalu cepat bergerak, ambil tindakan.

Kenapa banyak orang tidak kaya? 50% uang yang beredar didunia dikuasai hanya oleh 1% penduduk saja, atau 90% uang hanya dikuasai oleh 5% saja. Apa yang menjadi penyebabnya? Mengapa sebagian besar orang sulit mencapai kekayaan? Ternyata orang yg 95% jika memiliki uang mereka akan bertanya, “akan saya belanjakan untuk apa ya uang ini?” sedangkan orang yang 5% akan bertanya “bagaimana ya cara saya membuat uang saya lebih banyak?”

Calon orang kayakah anda? Orang kaya yang bias mempertahankan kekayaan mereka, dan orang-orang yang biasa-biasa saja bias menjadi kaya raya, karena mereka siap. Mereka selalu bersiap diri dengan pikiran terbuka untuk selalu terus belajar dan bertindak mengikuti bahkan memimpin trend an melakukan alokasi asset. Mereka memiliki sumber pendapatan beragam (multiple stream of income)

Kenapa banyak orang tidak kaya, diantaranya karena mereka memiliki tanggapan yang salah terhadap uang dan kekayaan (mereka mengganggap uang sebagi sumber kejahatan),  mereka menganggap tujuannya menjadi kaya adalah hal yang mustahil, tidak merasa harus kaya, dan tidak punya strategi tepat untuk berhasil. Selain itu mereka tidak mengetahui jalur alamiah untuk kaya, tidak ada rencana yang realistic, tidak melakukan tindakan sesuai rencana, dan tidak melakukan monitor dan penyelarasan.

Semua orang bias menjadi kaya. Orang yang berpotensi kaya tidak akan meukan BEJ (Blame, Excuse, Justify). Menurut Anthony Robin, ada 6 tahap mencapai kekayaan yaitu financial protection,financial security,financial vitality, financial independence, financial freedom, absolute financial freedom.

Menuju absolute financial freedom dengan menjadi kaya yaitu mempunyai passive income lebih besar daripada gaya hidup yang kita inginkan.

Keyakinan benar dan bulat untuk menjadi kaya, keyakinan dating dari pengalaman kita, dari apa yang kit abaca, apa yang kita dengar, dan apa yang kita rasakan. Baik secara sadar maupun secara tidak sadar, keyakinan itu lalu melandasi cara kita berpikir, berbicara, dan bertindak di masa sekarang serta di masa depan. Dan seringkali apa yang kita yakini akan menjadi kenyataan.

Menetapkan tujuan yang jelas dan mantap, prinsip itu harus: dalam kata-kata positif, spesifik, dan tertulis.

Menumbuhkan keyakinan untuk mencapai tujuan, agar ada landasan yang kuat untuk percaya, jawab pertanyaan,”kenapa saya yakin bahwa saya mampu mencapai tujuan saya, atau saya yakin saya pasti mampu mencapai tujuan saya karena?” buat kalimat afirmasi, lalu berdo’alah

Harus mencapai tujuan, kita tidak akan bersungguh-sungguh bekerja mencapai tujuan apabila kita tidak merasa harus mencapainya. Tanamkan dalam otak kenikmatan kalau mencapai tujuan dan kesengsaraan apabila kita tidak mencapainya.

Strategi untuk kaya dengan cepat dan aman. Kita harus mampu memanfaatkan added value dan leverage untuk menciptakan wealth. Untuk mendapatkan banyak uang rumusnya

 ADDED VALUE  x LEVERAGE.

Kita dapat member leverage pada Resources, Idea, Contact, Expertise. Cara leverage: Tanya,usul, komunikasi kepada orang yang tepat lebih banyak sehingga bias mendapat bantuan/kemudahan yang kita perlukan. Untuk menjadi kaya dengan cepat maka kita harus menggunakan factor pengali bukan penjumlah.

Ada dua cara untuk kaya yaitu: mengusahakan agar uang mengejar kita dan menggunakan factor pengali. Agar uang mengejar kita maka:

  • Kita harus membuat nilai tambah
  • Harus dikomunikasikan
  • Kepada orang yang tepat
  • Dalam jumlah yang banyak
  • Dengan cara yang tepat

Ada 4 kunci untuk mencapai kekayaan yaitu: waktu,multiplikasi yg menciptakan coumpounding growth, pilihan yang tepat, dan sejumlah uang

Mengetahui jalur yang alamiah dan mudah bagi kita, menurut Roger Hamilton ada beberapa tipe orang yaitu Mechanic (senang dg detail dan tekun dalam mengikuti system), Creator (suka hal baru dan tantangan baru), Star (senang menjadi pusat perhatian), Deal maker (keahlian bernegosiasi), trader (keahlian berdagang), accumulator (berinvestasi tanpa terlibat langsung), Lord (mendapat kekayaan dg cara mempunyai banyak bisnis)

Membuat rencana yang realistic:

  1. Pilih strategi keluar anda terlebih dahulu, tentukan gambaran akhirnya
  2. Cari bidang apa yang kita sukai, atau yang akan kita sukai
  3. Cari orang yang sudah berhasil mencapai impian untuk diajak kerjasama
  4. Gunakan factor kali atau leverage

Bertindak sesuai rencana, memonitor proses dan terus belajar, jadi kita perlu menetapkan primary stream of income sebagai sumber pendapatan anda yang utama, maka selanjutnya adalah anda harus menentukan:

  • Orang yang telah sukses di bidang yang anda kerjakan, untuk belajar darinya
  • Sumberdaya apa yang anda perlukan
  • Apa yang akan anda berikan untuk mencapai target tsb
  • Siapa yang bias membantu anda
  • Keterampilan apa yang harus anda miliki
  • Kebiasaan apa yang harus anda miliki
  • Kebiasaan apa yang harus anda buang?
  • Apa yang mau anda korbankan?

NASIB BAIK = PERSIAPAN + KESEMPATAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s