Perkebunan Dewata on Memory

Waktu diputar mundur ke April 2002, Murid SMAIT Miftahul Khoir kelas I dan II yang baru saja terpisah dari SMA Salman Al Farisi (SMA ini terpaksa dibubarkan karena ada ‘sengketa’ Yayasan) berangkat mengikuti Nature Research ke Perkebunan Dewata sekitar Gunung Maud dan Cagar Alam Patuha. Jumlahnya hanya 15 orang saja dengan sekitar 7 orang guru. NR yang berkesan, karena inilah NR pertama sebagai Mifkho, nuansa pemberontakan sedang tumbuh pada waktu itu.

kemah lingkungan

kemah lingkungan-dewata 2002

Penelitian yang menarik karena penelitian meliputi area yang sangat luas, penelitian debit air di sungai dengan ‘asruk-asrukan’ di belantara. Ada vegetasi hutan, penelitian tanaman air dan lain sebagainya. Penelitian ini bekerjasama dengan Konus (Konservasi Alam Nusantara) dalam bentuk Kemah Alam dalam rangka hari Bumi–ternyata ada juga Hari Bumi ya..

Kami dikenalkan dengan suatu model penelitian yang mengasyikkan dengan cara moving camp, ketemu ular segede gambreng, katak yang buesar buangaet dan lain-lain. Pokoknya asyik..terutama karena sepanjang NR saya lagi sakit gigi, sempat ga konsen juga.

Dan hari ini..pemukiman di Dewata telah tergusur longsor..habis..tragedi yang memilukan, karena tempat yang terpencil ini dikenal Indonesia justru karena ada bencana yang memilukan. Tempat yang sangat terpencil dengan kualitas jalan yang buruk. Butuh waktu 4-5 jam dari jalan ciwidey ke Dewata. Mungkin orang-orang yang kami wawancara atau yang melayani makan kami waktu itu mungkin telah terkubur..masya Allah.

Tempat hijau seperti ini saja bisa longsor apalagi tempat gersang di tempat lainnya? Semoga yang menjadi korban diterima amal sholehnya amiin, insya Allah kami kembali kesana untuk melakukan penelitian yang bermanfaat. Insya Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s