Prilaku ‘Pemimpin’ Negeri

Di harian yang terbit pagi ini, ICW melaporkan bahwa Beberapa gubernur dan kepala daerah yang terjerat kasus dan berada dalam kondisi tersangka oleh KPK sebagai koruptor (ada sekitar 11 kepala daerah) loncat pagar menjadi pengurus Partai penguasa–Partai Demokrat. Dan nyatanya memang status hukum mereka menjadi terkatung-katung karena izin Presiden yang tidak kunjung turun untuk memeriksa mereka. Ada indikasi kuat bahwa kepala-kepala daerah tersebut membelot karena urusan pengamanan. Kabarnya, keinginan Dada Rosada–Walikota Bandung untuk pindah perahu ke Partai Demokrat juga sebuah cara pengamanan terhadap masalah serupa.

Betapa mengerikannya perilaku ‘pemimpin-pemimpin’ itu, terjadi persekongkolan elit agar hukum tidak dijalankan apabila yang sedang tersangkut adalah para pembesar-pembesar mereka. Ada sebuah hadits riwayat Bukhari Muslim yang menceritakan dari Abu Musa Al Asy’ari ra bahwa salah satu yang menjadi penyebab hancurnya kaum sebelum kita adalah apabila yang melakukan pencurian dari kalangan bangsawan maka hukum tidak dilaksanakan, sementara apabila yang melakukan pelanggaran adalah orang-orang lemah diantara mereka maka hukum akan ditegakkan. Lebih mengerikannya adalah kartel ‘para pimpinan’ ini akan menjadi drakula bagi bangsanya sendiri, jangan harap mereka akan bekerja memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, yang terjadi adalah persekongkolan diantara mereka untuk membodohi masyarakat, melanggengkan kekuasaan sehingga aib mereka tidak akan pernah terbongkar.

Lihatlah fenomena kepala daerah yang tidak lagi berhak mencalonkan diri karena sudah dua kali mengalami jadi pemimpin daerah, mereka mendorong keluarganya untuk jadi kepala daerah, atau bahkan mereka rela menjadi calon wakil yang penting kekuasaan mereka akan langgeng, dan kue kekuasaan bersama semua getahnya dapat selalu mereka rengkuh.

Harus ada langkah pemotongan terhadap fenomena ini, kalu tidak maka  jangan heran apabila kita saksikan bahwa negara kita akan menjadi negara sekelas Mesir masa lalu yang dikuasai pemimpin sebagsa Fir’aun, Haman dan lain sebagainya, na’udzu billah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s