Pesantren Sains di Cisalak Subang

Tanggal 9-13 Agustus 2011, SMAIT Miftahul Khoir Bandung melaksanakan agenda rutinnya, Pesantren Sains di Desa Cisalak Subang. Subang, tempat yang subur dengan sumber air yang mengalir di segala tempat. Daerah subur ini menjadi tempat pilihan karena potensi ekonominya yang banyak. Ada kegiatan agrobisnis seperti pertanian, peternakan dan perikanan. Primadona perikanan di Cisalak adalah budidaya lele sangkuriang, ikan nila dan ikan mas. Ada pula kerajinan ukiran sisingaan yang kemungkinan memiliki peluang menjadi ikon Cisalak jika dikembangkan dengan baik.

pa imam jomblo

pa imam jomblo

Seetulnya, yang istimewa dari Sansai kali ini dibanding dengan sansai-sansai sebelumnya adalah persiapan luar  biasa yang dibuat oleh pemerintahan desa. Sang kepala desa, Drs Udin Syamsudin menyambut pesantren sains ini dengan membuka pendaftaran buat warga (terutama anak sd-sma) untuk ikut bersama-sama mengikuti Pesantren Sains. Alhasil acara sore hingga malam menjadi arena yang asyik dan semarak karena kami merasa disambut dengan baik oleh warga setempat. Bahkan Mang Amin, OB sekolah kita didaulat menjadi imam tarawih (yang ngebut itu) hehehe.

Yang patut diancungi jempol adalah antusiasme anak-anak mifkho dalam melakukan penelitian, walaupun anak kelas X belum mendapatkan bekal materi apapun karena tahun pelajaran baru saja dimulai, tapi mereka dengan gigih mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk melengkapi laporan penelitian mereka. Tema Sansai kali ini adalah “Ikhlas dan Mandiri”, sebagaimana sansai sebelumnya pelaksanaan pesantren ini kami harapkan bisa memberikan makna lebih. Pada kajian malam, kita penuhi dengan materi keagamaan (tentu saja dengan berbagai metode) untuk meningkat ruhiyah dan kualitas emosi siswa, sedangkan siang hari penuh diisi dengan aktivitas penelitian per kelompok yang dibagi berdasar materi kajian terdiri dari Kerajinan Ukiran (ada kerajinan ukiran miniatur di sini yang jika dikembangkan dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat yang signifikan) –kerajinan ukiran berbentuk binatang-binatang dan buah-buahan mini ini sangat mengundang minat anak-anak; Kerajinan Dompet, Budidaya Ikan Lele, Nila, Ikan Mas, dan Makanan Ringan. Yang terutama dan spesial, pada Sansai kali ini Mifkho akan mempersembahkan blog tentang Cisalak di http://www.cisalak.okipriyadi.com. Pak Oki guru TIK Mifkho jadi narsis karena nampang namanya di nama blog.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s