Komodo masuk seven wonders?

7 wonders

7 wonders

Sekarang lagi rame mempromosikan Komodo masuk World’s Seven Wonders tidak tanggung-tanggung mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi duta mengerahkan dukungan Komodo menjadi salah satu keajaiban dunia. Seberapa penting sih Komodo dimasukkan daftar tersebut? tentu saja ada manfaatnya setidaknya sebagai ikon promosi pariwisata, keunikan ini menyebabkan orang penasaran berwisata ke Pulau Komodo kan? Yaa ga ada salahnya sih menjadikan salah satu keunikan sebagai peningkat nilai jual. Tapi kenapa saya terdengar sinis ya?

Ditengah Pemerintah yang dikritik habis-habisan yang tidak punya strategi dalam menjaga dan mempertahankan pulau-pulau miliknya, terutama pulau terluar maka kampanye Komodo jelas menimbulkan kesinisan. Betapa terjadi pilih kasih, rupanya Pemerintah kita baru ngeh dan bereaksi kalo sesuatu sudah jadi masalah atau mendapatkan manfaat dari isu tersebut. Menerima dulu baru memberi, manajemen negara yang tidak punya konsep.

Memang penting menjadikan salah satu kekhasan menjadi sesuatu yang dikenang dan dikenal, jangan lupa juga menyiapkan sarana dan prasarana agar promo ini tidak menjadi sia-sia. Menjadikan Pulau Komodo menjadi barang mahal semacam  Bali membuat ironi, yang berkunjung banyak-banyak kesana kan turis asing selain wisatawan lokal. Konon ketika puncak musim liburan, lebih banyak terdengan suara-suara bahasa Australian daripada bahasa yang lainnya.

Harus diperhatikan dan ditunjukkan juga perhatian kita dalam menjaga habitat Komodo, jangan hanya dipromosikan tetapi kita sendiri tidak menjaga aset-aset tersebut. Kan sayang, kalau Komodo menjadi simbol yang diperjuangkan sekarang sementara hal tersebut tidak berlangsung lama. Seperti biasa kita suka lalai. Hhhh .. positif ..positif .. saya berusaha positif untuk hal ini, harus ada semacam LSM Swasta yang melaksanakan aktivitas konservasi Komodo. mempertahankannya sehingga anak cucu kita masih bisa melihat dan menikmatinya, ada sebuah keajaiban purba di salah satu pulau negaranya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s