SEA Games penuh kecurangan?

SEA Games baru saja berlalu, Indonesia menjadi juara umum, semua mafhum itu karena kita jadi tuan rumah. Bukan menyepelekan, tapi menjadi tuan rumah memang memberi banyak peluang. Dari yang positif sampai yang negatif. Jadi tuan rumah menyebabkan kita memiliki keunggulan karena sangat mengenal venue dan lapangan. Tidak ada kendalan apa-apa. Tapi, karena venue untuk Sea Games selesai beberapa hari sebelum sukan digelar, maka kelebihan itu tidak kesampaian. Yang ada, adalah pertanyaan .. adakah kemungkinan yang lain?

Oke mungkin karena atlet kita memang berbakat, tapi menjadi juara dengan jarak perolehan emas segitu banyak? Oke di Thailand aja ketika dia jadi tuan rumah sekaligus jadi juara juga ada keberuntungan dibuat-buat untuk tuan rumah. Tapi? apa kita harus ngikutin?

Kenapa saya curiga ada kecurangan? sebagai warga negara, saya hafal watak sebagian warga kita terutama pemimpinnya. Demi kebanggan, seorang menteri dan model pejabat lain sanggup berbuat nista agar dimuka kelihatan bagus. Ini tidak bisa ditutupi, mental sebagian kita memang begitu, maen dukun biar menang. Nyogok wasit, mempersulit lawan dan lain-lain adalah wajah keseharian kita. Bahkan kalau anda liat You tube tentang naifnya pesilat kita yang lari-lari ketakutan ketika di laga .. maka yang kita dapat simpulkan adalah .. sungguh memalukan.

Tidaklah penting kebanggan yang dibangun dari kepalsuan. Kita harus membangun budaya sportivitas — yang seharusnya dibangun dari kegiatan olah raga. Janganlah olah raga dicelupi kepentingan-keentingan politik sesaat. Demi kebanggan saat kampanye, maka amankan juara umum apapun caranya. Yang penting citra!! pas banget dengan presidennya yang suka bersolek. Yang penting citra. whew!!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s