Category Archives: Uncategorized

Belitung: next target

Googling tentang Belitung di belitungisland.com, atau nonton Laskar Pelangi, kita bersirobok dengan indahnya pantai-pantai di Belitung. Ini target selanjutnya, setelah kontak-kontakan dengan temen yang orang sana, dan seorang bibi yang lagi merantau ke Bangka, nampaknya sudah ditekadkan, Desember 2011 (pas liburan) Belitung Island adalah target selanjutnya. Backpacking maaan

tanjung kelayang

tanjung kelayang

Advertisements

BackPack : (lebih) Mencintai Indonesia

Membaca buku Meraba Indonesia (karya Ahmad Yunus) tentang perjalanan mereka meraba pinggir-pinggir batas wilayah nusantara memakai motor sungguh telah menambahkan raca cinta yang semakin tebal terhadap Indonesia. Betapa orang-orang dan masyarakat yang jauh di batas-batas pulau terluar telah sebegitu ditelantarkan–tapi tetap dituntut untuk mencintai tanah air. Bagaimana kondisi sulitnya transportasi di pulau-pulau tersebut, tentang ketimpangan. Saya pikir, Yunus disini cukup sukses menampilkan wajah eksotis Indonesia. Dampak baiknya .. saya sangat ingin segera ber-backpack sederhana.

meraba

buku meraba Indonesia

Sederhana, karena saya belum bisa sespektakuler Farid Gaban atau Trinity yang memang niat banget, saya cuma ingin merasakan tanah air dengan suasana yang lain. Perasaan yang selalu hadir ketika berkunjung ke tempat-tempat yang baru .. sendirian. Bagaimana suasana Dompu, desa Kilo yang berada di bibir pantai ujung sumbawa sana, atau suasana Bandara Ngurah Rai yang banyak bulenya – orang-orang jauh yang berkelana.  Perasaan perjalanan sendirian (naik travel dg penunpang dua orang) ke Purwokerto, melalui Gombong, Kebumen dan seterusnya cukup menggoda untuk terus berkelana. Ah banyak sekali kenikmatan suasana terpencil itu.

Ransel sudah disiapkan, dana lagi dikumpulkan, kayaknya jangan dilewatkan nih, sekedar menyusuri kota-kota teman lama, atau pelosok-pelosok yang belum terjamah.

Shaum ke 19

Hari shaum ke 19, kuhabiskan membaca buku 7 keajaiban rezeki, Ippho Santosa yang heboh itu .. setelah menghabiskan baca Mempercepat Rezeki pinjaman dari ponakan. Shaum hari ini harus lebih baik! harus kubaca qur’an sampai tamat hari ni!

road to Cineam

image

Selasa, hari itu kebetulan bertepatan dngan hari libur Waisak, saya serombongan pergi berkunjung ke Cineam sebuah kecamatan kecil di kabupaten Tasikmalaya. Dari Bandung perjalanan di tempuh 4 jam dengan kecepatan rata-rata. Sekitar jam 11 kami sampai di sebuah daerah subur penghasil salak. Masuk ke wilayah tersebut ditandai dengan jembatan yang cukup ekstrim, Jembatan Cirahong.

Jembatan ini sebetulnya adalah jembatan kereta api yang dibawahnya digunakan sebagai akses penyebrangan selebar 3,5 meter ( cukup untuk satu mobil) sehingga mobil yang hendak lewat harus bergiliran. Di bawahnya mengalir sungai yang ada jauh di lembah. Bagi penikmat bungee jumping kayaknya tempat ini cukup ekstrim untuk dijadikan stage.
Di Cineam, kita bisa memilih untuk menikmati duren dari pohon, makan salak atau bisa juga mengisi waktu dengan memancing. Suasananya asyik, apalagi kalau kita berbekal tenda. wuiiih. . backpacker style maaaan

Apa hal menarik dari perjalanan ke tempatpelosok kayak gini? Para backpacker biasanya mencari suasana dan pengalaman yang berbeda dari setiap daerah yang dikunjunginya. Sebenarnya, pengalaman baru mengunjungi tempat baru sudah cukup menadi alasan buat orang yang doyan travelling, selalu saja ada suguhan baru melihat eksotisnya wilayah baru yang belum pernah ada dalam kamus kunjungannya. Mengunjungi daerah-daerah pedesaan bisa memberi ksegaran untuk kepenatan yang telah menguasai di hari-hari sibuk kita.

Dari Bandung, jarak Jembatan Cirahong kurang lebih 160 km, sebetulnya daerah kecamatan ini lebih dekat ke Ciamis daripada ke Tasik yang merupakan daerah induk administratifnya. Naik bis akan lebih menyenangkan karena pengalaman perjalanannya akan lebih kaya. Darimanapun anda berangkat, naiklah bis jurusan Tasik. Tasik kota yang cukup besar di Jawa Barat, jadi akan mudah mendapatkan angkutan kesana. Nah setelah nyampe kesana, cari bis 3/4 yang jurusan Cineam. Selamat menempuh perjalanan khas Indonesia, ngetem lama dan ke pelosok. Bertemu dengan terminal super kecil di Cineam, maka perjalanan bisa dijangkau dengan angkot atau dengan ojek. Di Cirahong kita akan menemukan kenangan dan sejarah itu.. gimana?

Batagor Isan

Jum’at kemarin pelajaran kewirausahaan di SMAIT Miftahul Khoir Bandung didiskusikan sebuah tema “Membangun franchise”, ide pun digali dan dicetuskan, membuat franchise jajanan khas anak Bandung, why not? Kan kalo yg asalnya dari Bandung biasanya oke punya?
Maka dengan antusias, diburu lah beberapa sampel batagor dengan rasa yang udah ngeksis di Bandung, mulai batagor isan, darto, jayanti semua dites rasa — ceritanya lagi nyari komposisi ideal batagor untuk dilaunch– obrol punya obrol  ditemukanlah komponen ideal, setelah itu namanya. . ada yang mengusulkan nama gaya orang batagor ipeh, batagor ucup dll. Ada yang usul singkatan manis seperti hanimun, cihuy (perasaan nama- nama ini udah ada deh) simpul punya simpul maka dibuatlah sebuah rencana bisnis (oleh anak-anak, inilah gaya belajar disini). Berhasil atau tidak inilah langkah belajar cukup efektif, belajar memahami dan menyiapkan brand seperti brand batagor isan yang sedang kami nikmati sore ini.

Metro di ahad pagi

Metro adalah sebutan untuk “lobby” komplek Margayahu Bandung. Di sini kantor MargahayuLand, mungkin perusahaan property paling besar di Kota Bandung, menjadikan Metro sebagai Landskap selamat datang kompleks yang besar ini. Daerah di bilangan jl sukarno hatta ini termasuk tempat yang mengasyikkan untuk merasakan suasana Bandung di pagi hari, untuk jalan-jalan atau wisata kuliner. Pasar kaget di daerah ini tidak membuat jalan sukarno hatta macet karena daerah metro memang cukup luas. jika anda berkesempatan ke bandung daerah timur mungkin daerah ini akan cukup menghibur.

Ameung Ka Bandung

Bandung, ada lebih dari 1000 alasan anda untuk menjadikan Bandung sebagai salah satu tujuan avonturir. Bahkan orang-orang malaysia menjadikan kota ini referensi belanja, untuk menyebut beberapa tempat satu kasih contoh Dago, Pasar Baru, Gedung Asia Afrika, Saung Ujo, Lembang, Dago Pakar dan masih banyak lagi sesuai dengan apa tema kinjungan anda.
Tulisan mendatang, akan coba kita ulas setiap sudut kota kembang ini. Anda akan melihat sisi menarik cekungan ini, yesss